6 Contoh Menghitung Skor Prospek atau Lead Scoring Models

Halo sahabat audia.my.id – Penilaian prospek bukanlah sistem satu ukuran untuk semua. Setiap perusahaan memiliki strategi penilaian yang dirancang secara unik yang sesuai dengan tujuan dan target khusus mereka. Bahkan dengan sifat individual dari penilaian prospek prediktif, ada baiknya memiliki beberapa contoh untuk membangun strategi pemasaran Anda dan mencari cara terbaik untuk menghitung skor prospek atau Lead Scoring Models.

Tapi jangan khawatir,  Dalam artikel ini, kami telah mengumpulkan 6 contoh skor prospek yang berbeda

Apa itu Skor Prospek atau Lead Scoring ?

Penilaian prospek adalah proses menetapkan nilai numerik untuk setiap prospek yang Anda terima untuk menilai bagaimana Anda harus memperlakukannya. Penting untuk mengetahui cara menghitung skor prospek karena tidak semua prospek dibuat sama. Misalnya, Anda tidak akan mendekati seseorang di bagian atas corong konversi dengan jenis konten dan perhatian yang sama dengan seseorang di bagian bawah corong/funnel.

Beberapa praktik terbaik penilaian prospek termasuk menilai seberapa sering prospek berinteraksi dengan bisnis Anda, mencatat berapa kali mereka mengunjungi situs web Anda, dan mengevaluasi seberapa siap mereka untuk menerima materi penjualan.

Model berikut berfungsi sebagai titik referensi yang baik untuk mulai membangun strategi penilaian prospek Anda sendiri.

6 Contoh Menghitung Skor Prospek atau Lead Scoring Models

Lead Pilot

Lead Pilot adalah alat pemasaran masuk untuk penasihat keuangan yang memiliki alat penilaian prospek terintegrasi sendiri.

Cara kerjanya cukup sederhana: setiap prospek diberi skor antara 1 hingga 100, dan skor diubah dan diperbarui secara waktu nyata atau real time untuk memperhitungkan setiap tindakan mereka. Semakin tinggi skornya, semakin berkualitas pemimpinnya.

lead pilot

 

Algoritma memperhitungkan bagaimana prospek berinteraksi dengan konten, tindakan yang mereka ambil di situs web, jumlah waktu yang mereka habiskan, dan faktor lainnya. Lead Pilot menggunakan kecerdasan buatan untuk mengukur prospek, tetapi pengguna juga dapat menyesuaikan skor jika diperlukan.

Misalnya, Anda memiliki situs web produk keuangan dan pengguna melakukan tindakan berikut:

  • Mengunduh ebook dan meninggalkan data mereka: +5 poin
  • Dicari di dalam situs web: +2 poin
  • Menonton webinar: +10 poin
  • Membuka email: +3 poin
  • Mengunjungi halaman harga di situs web: +20 poin

Dalam hal ini, keunggulan akan memiliki skor total 40 poin.

Juan Merodio

Matriks skor utama Merodio didasarkan pada dua skor berbeda: skor PAIN dan skor FIT.

Skor PAIN merepresentasikan intensitas masalah atau titik nyeri yang dihadapi klien. Anda dapat menetapkan skor dari 0 (pemimpin tidak memiliki masalah) hingga 10 (masalahnya sangat mendesak bagi pemimpin dan mereka membutuhkan solusi segera).

Skor FIT menunjukkan seberapa dekat pengguna dengan persona pembeli atau klien ideal perusahaan Anda. Misalnya, jika pemimpin memiliki sumber daya ekonomi untuk memperoleh solusi Anda dan menerapkannya secara efektif.

Skor akhir akhir harus merupakan jumlah dari skor PAIN dan skor FIT.

Dengan menggunakan skor ini, Merodio mengkategorikan prospek ke dalam kelompok yang berbeda (dingin, hangat, panas) atau jika mereka siap untuk lebih banyak pemasaran (MQL) atau aktivitas penjualan (SQL).

lead-scoring Juan Merodio

Cyberclick

Cyberclick telah merancang matriks penilaian prospek sendiri berdasarkan dua parameter.

  • Profil demografis prospek, yang diperoleh dari data yang ditinggalkan prospek saat mereka mengunduh formulir, misalnya. Kami kemudian mengklasifikasikan prospek ke dalam kategori yang berbeda seperti orang asing (seseorang yang kami tidak memiliki cukup data), tidak cocok, cocok, dan sangat cocok.
  • Perilaku pemimpin, termasuk interaksi yang mereka lakukan dengan situs web kami dan konten kami. Seorang lead dapat dianggap tidak aktif, kurang aktif, aktif, atau sangat aktif.

cyberclick model lead scoring

Berdasarkan tabel ini, kami dapat memiliki hingga 16 kemungkinan kombinasi prospek yang berbeda. Kami dapat menetapkan “suhu” yang berbeda untuk setiap kategori untuk mendapatkan ide yang lebih baik tentang bagaimana menangani setiap kasus.

  • Cold Leads: Kami tidak tahu banyak informasi tentang mereka atau mereka tidak aktif
  • Lead Hangat: Mereka lebih aktif daripada lead dingin tetapi mereka belum pada kombinasi optimal dari kedua parameter.
  • Prospek Panas: Prospek ini sangat aktif. Merekalah yang paling kita minati dan siapa kita seharusnya

Silverpop

Sistem Sliverpop mirip dengan yang kami gunakan. Ini menampilkan template dengan 16 kemungkinan kombinasi minat dan kesesuaian yang berbeda. Perbedaannya adalah bahwa sistem klasifikasi akhir mereka memiliki empat kategori berikut.

  • Dead Leads (mereka yang memiliki sedikit minat dan tidak membutuhkan perhatian)
  • Memasarkan Prospek Berkualitas
  • Prospek yang Memenuhi Syarat untuk Tindakan Pembuatan Permintaan
  • Prospek Penjualan Berkualitas

silverpop lead scoring

Business2Community

Business2Community memiliki contoh penilaian prospek yang sangat sederhana untuk bisnis B2B. Matriks tersebut didasarkan pada jawaban yang diberikan pengguna untuk 4 pertanyaan: posisi pekerjaan, departemen, ukuran perusahaan, dan jenis perusahaan. Dengan setiap jawaban, Anda dapat menetapkan 4 kemungkinan skor.

  • Jawaban terbaik: Poin maksimum
  • Jawaban Terbaik ke-2: Poin Tingkat ke-2
  • Jawaban Terbaik ke-3: Poin Level ke-3
  • Jawaban Negatif: Poin negatif

b2b lead scoring

Setelah Anda menetapkan poin, Anda menggabungkan berbagai faktor untuk mendapatkan skor akhir untuk setiap prospek. Sebagai contoh, menurut tabel di atas, seorang Direktur Sumber Daya Manusia sebuah LSM dengan 600 pekerja akan menerima 23 poin (8 + 15 + 5 – 5).

Hubspot Lead Scoring

Hubspot memiliki model penilaian prospek prediktif yang menggunakan pembelajaran mesin untuk menyortir ribuan data untuk menemukan prospek potensial terbaik Anda. Karena sistem ini otomatis, sistem ini akan memperbarui dan mengoptimalkan proses penilaian prospeknya dari waktu ke waktu, sehingga menghemat waktu dan energi Anda. Alat Hubspot juga memungkinkan Anda untuk menyesuaikan cara Anda menilai prospek untuk memastikan bahwa prosesnya bekerja dengan baik untuk bisnis Anda.

Fitur berguna lainnya yang ditawarkan Hubspot adalah membuat lembar skor yang berbeda untuk audiens atau prospek yang berbeda. Ini sangat berguna ketika bisnis Anda berkembang karena Anda mungkin berekspansi ke berbagai industri, negara, dll. dan harus menilai prospek ini dengan cara yang berbeda. Berkat Hubspot, Anda dapat memiliki hingga 25 model penilaian prospek unik yang beradaptasi dengan semua kebutuhan bisnis Anda.

Kami berharap contoh model penskoran prospek ini dapat membantu Anda membuat praktik terbaik penskoran prospek Anda sendiri dan mencapai sasaran penjualan Anda!

   

Rekomendasi Hosting WordPress

NiagahosterBeli Hosting
ExabytesBeli Hosting
Halo perkenalkan saya Fatah, saya sangat senang dengan dunia Digital Marketing saya harap blog saya dapat membantu anda untuk upgrade diri.

Leave a Comment

error: Content is protected !!