7 Tips Pemasaran Untuk Menjangkau Client Internasional

Halo sahabat audia.my.id – Langkah terakhir untuk setiap bisnis yang sudah mapan adalah memasuki pasar global. Kita semua tahu bahwa pemasaran adalah inti yang menagih bisnis. Tetapi ketika Anda berpikir untuk membawa produk dan layanan Anda ke tujuan internasional, Anda harus meningkatkan strategi pemasaran Anda secara besar-besaran.

Anda akan memerlukan pemahaman yang mendalam tentang audiens target Anda, budaya, lokasi, dan peraturan mereka untuk memperluas merek Anda ke pasar luar negeri. Meskipun hanya menerjemahkan konten pemasaran di situs web Anda tidak cukup, ada beberapa cara Anda dapat memasuki pasar global dan beresonansi dengan audiens yang berbeda. Jadi, mari kita masuk ke tips pemasaran berikut yang akan membawa Anda menuju jangkauan global.

Pertimbangkan Melakukan Analisis Bisnis Internasional

Pemasaran internasional membutuhkan jenis penelitian dan pendekatan yang berbeda. Pertama, Anda perlu memeriksa wilayah sebelum go global. Karena pemasaran domestik bekerja sepenuhnya berbeda dari pemasaran internasional, Anda harus menganalisis pasar internasional dan memahami rencana bisnis.

Anda harus melakukan penelitian mendalam tentang bagaimana target pasar Anda bekerja dan dari lokasi mana Anda harus memulai. Ajukan pertanyaan sulit kepada diri sendiri seperti apakah ada permintaan untuk produk dan layanan Anda di negara target? Akankah pasar lokal membeli dari Anda? Apakah layanan seperti pengiriman barang melalui udara tersedia di sana?

Anda harus bertanya pada diri sendiri semua pertanyaan ini dan banyak lagi, bersama dengan melakukan penelitian yang terkait dengan departemen seperti distribusi, fasilitas produksi, lokasi manufaktur, transportasi, dan penyimpanan.

Buat Rencana Bisnis Internasional

Anda perlu mempertimbangkan untuk mengubah produk dan layanan Anda jika pandangan mereka saat ini tidak populer di pasar baru. Dalam keadaan ini, Anda dapat melakukan apa yang dilakukan McDonald’s untuk menjadi sukses. Mereka mengubah menu mereka sesuai dengan masing-masing negara yang menghasilkan hasil yang sangat baik.

Selain itu, ketika Anda memasarkan produk Anda ke luar negeri, sebaiknya sesuaikan strategi pemasaran Anda dengan tradisi, budaya, adat istiadat, bahasa, dan nilai-nilai lokal untuk memiliki dampak yang lebih dalam. Kuncinya adalah memastikan bahwa produk Anda menyatu dengan lingkungan negara itu dengan sangat baik sehingga hampir tidak mungkin bagi orang untuk mengatakan bahwa itu bukan produk lokal.

Pahami Budaya Dan Perilaku Pelanggan

Salah satu aspek terpenting untuk mencapai pasar internasional adalah mendobrak hambatan budaya. Menerjemahkan situs web Anda tidak akan cukup untuk memukau pemirsa internasional. Anda perlu memahami perilaku pelanggan, komunitas lokal, dan faktor-faktor yang memengaruhi keputusan mereka untuk membeli produk dan layanan dari niche yang Anda coba jual.

Anda akan memiliki waktu yang lebih baik untuk menjual produk Anda ketika Anda menjualnya dengan cara yang disukai pasar luar negeri. Misalnya, jika Anda ingin menjual ke pasar Eropa, Anda harus menghindari membuka toko kotak besar karena orang Eropa lebih suka toko kecil.

Temukan Tampilan Internasional yang Tepat untuk Merek Anda

Ketika datang untuk menjangkau pasar global, setiap aspek produk dan layanan Anda harus dipertimbangkan kembali ke tampilan merek Anda. Ini mungkin mengejutkan, tetapi banyak merek internasional mengemas produk mereka sesuai dengan negara tempat mereka menjual karena budaya yang berbeda mengaitkan makna yang berbeda dengan warna, bentuk, dan bahkan desain tertentu.

Misalnya, jika Anda berencana untuk menjual ke negara-negara Asia, khususnya Pakistan, India, atau Bangladesh, warna merah dianggap sebagai warna perayaan dan kebahagiaan. Jadi, perusahaan seperti Coca-Cola memiliki pasar yang besar di sini. Namun, jika Anda membawa produk yang sama ke negara-negara Timur Tengah, maka akan mendapat tanggapan negatif karena warna merah dianggap sebagai tanda kejahatan atau kemalangan.

Oleh karena itu, sebelum berekspansi ke pasar internasional, Anda harus mempertimbangkan untuk mengubah produk Anda menjadi tampilan yang tepat, apakah itu salinan pada kemasan atau warnanya. Simak tips berikut saat mengerjakan desain label dan kemasan produk Anda:

  • Pastikan bahwa instruksi dan label dapat dibuat dalam bahasa resmi wilayah target.
  • Apakah desain, warna, slogan, dan konten yang digunakan pada produk dan layanan menarik atau menyinggung audiens target dan budaya mereka?
  • Lebih baik untuk menyatakan ukuran dan bobot dalam satuan lokal untuk penerimaan yang lebih baik.
  • Sudahkah Anda mempertimbangkan pengetahuan dan selera lokal?

Berkolaborasi Dengan Mitra Lokal

Jangan membuang gagasan untuk bekerja dengan mitra lokal sepenuhnya Mengapa? Karena Anda memerlukan mitra bisnis lokal di lapangan untuk memastikan bahwa produk dan layanan Anda menarik secara positif bagi komunitas lokal.

Dari sudut pandang pemasaran global, Anda harus mempercayai tim dan mitra lokal dan mempertimbangkan masukan mereka sebagai hal yang penting untuk ekspansi internasional Anda. Karena Anda tidak akan secara fisik berada di lapangan untuk setiap outlet Anda, oleh karena itu, Anda harus mengandalkan keahlian dan pengetahuan mitra lokal yang memahami komunitas lokal lebih baik daripada Anda.

Menurut Nataly Kelly, yang menulis di Harvard Business Review, salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan bisnis yang sedang naik daun dalam hal pemasaran global adalah mengabaikan masukan tim lokal mereka. Akan lebih baik jika Anda memberi bobot ekstra pada umpan balik mereka karena itulah bagaimana Anda dapat mengembangkan strategi pemasaran internasional yang sukses.

Jadikan Proses Pembayaran Anda Mudah

Sekitar 99% orang di Korea Selatan berbelanja online, dan sekitar 97% orang Jepang dan Jerman juga berbelanja online. Jadi, bagaimana jika pembeli ini tidak dapat memproses pembayaran atau paket mereka dengan lancar melalui situs web Anda?

Anda tidak dapat memenangkan kepercayaan dari audiens internasional Anda kecuali Anda memasarkan alat pembayaran dan pengiriman paket yang andal dan mulus. Sistem pembayaran yang mahal dan lambat bersama dengan pengiriman yang tertunda sering kali terbukti menjadi penghalang besar dalam perjalanan bisnis ke pasar internasional.

Terjemahkan Ide Anda Secara Akurat

Dapatkah Anda membayangkan bahwa Coca-Cola dan KFC membuat kesalahan besar saat menerjemahkan nama mereka ke dalam bahasa Mandarin untuk menarik perhatian orang-orang China? Coca-Cola akhirnya menerjemahkannya sebagai “menggigit berudu lilin” alih-alih apa yang dimaksudkan oleh merek tersebut. Sangat penting untuk memahami bahasa negara yang ingin kita targetkan.

Menerjemahkan konten, pesan, dan ide Anda secara akurat dalam bahasa negara sangat penting untuk strategi pemasaran internasional Anda. Cara yang bagus untuk menarik audiens lokal adalah dengan menerjemahkan logo, slogan, tagline, buklet, instruksi, dan nama produk Anda ke dalam bahasa asli sehingga Anda mendapatkan suara sentimental dari orang-orang.

Menjual ke luar negeri itu rumit dan membutuhkan rencana bisnis dan pemasaran internasional yang kuat. Anda harus benar-benar memahami budaya lokal dan preferensi audiens target untuk membuat produk Anda menarik. Jadi, gunakan strategi yang tidak hanya mengglobal tetapi juga melokalisasi dan terhubung dengan audiens internasional dengan cara yang berarti.

   

Rekomendasi Hosting WordPress

NiagahosterBeli Hosting
ExabytesBeli Hosting
Halo perkenalkan saya Fatah, saya sangat senang dengan dunia Digital Marketing saya harap blog saya dapat membantu anda untuk upgrade diri.

Leave a Comment

error: Content is protected !!