9 Kesalahan Digital Marketing Pemula

Halo sahabat audia.my.id – Kita tahu bahwa berbuat salah adalah manusiawi, tetapi dalam industri yang kompetitif seperti pemasaran digital, kesalahan bisa berakibat fatal. Ada banyak kesalahan yang sangat umum di industri khususnya digital marketing dan ini dapat merusak strategi yang paling dipikirkan dengan matang. Jadi tanpa basa-basi lagi, berikut adalah kesalahan terbesar dalam pemasaran digital dan, yang paling penting, bagaimana Anda dapat menghindarinya.

Tidak Mengambil Keuntungan dari Konten Anda

Membuat konten berkualitas yang benar-benar menambah nilai bagi pengguna bukanlah tugas yang mudah, karena memerlukan banyak waktu perencanaan kreatif dan pekerjaan produksi. Jika Anda tidak memaksimalkan setiap konten, upaya ini akan berlipat ganda karena Anda harus mulai dari awal.

Untuk menghindari kesalahan pemasaran digital ini, Anda harus membuat kampanye konten 360. Misalnya, jika Anda membuat laman landas tempat orang dapat datang untuk mengunduh eBook, susunlah serangkaian konten di sekitarnya. berikut beberapa contoh kontennya :

  • Serangkaian posting blog yang mencakup bagian berbeda secara lebih rinci yang dirancang untuk SEO dan menyertakan ajakan bertindak untuk mengunduh ebook.
  • Beberapa video berfokus pada topik yang sama, yang dapat digunakan untuk memperkaya artikel dan juga dapat diposting di YouTube dengan ajakan bertindak.
  • Infografis yang berfungsi untuk mengilustrasikan ebook dan artikel dan dapat berfungsi sebagai konten yang dapat dibagikan itu sendiri.
  • Atau bahkan podcast yang memanfaatkan audio dari video yang sudah dibuat.

Terus Mengubah Kampanye Iklan Anda

Meskipun baik untuk terus mengoptimalkan kampanye online Anda, pengoptimalan yang berlebihan juga memiliki risikonya sendiri. Saat Anda membuat kampanye iklan sosial di Facebook ads, Instagram ads, atau LinkedIn ads, Anda akan menemukan banyak variabel penargetan. Platform ini memiliki algoritma pembelajaran yaitu mesin yang membantu meningkatkan hasil kampanye, tetapi agar berfungsi, mereka perlu belajar secara bertahap.

Oleh karena itu, saat Anda membuat kampanye iklan sosial baru, biarkan kampanye tersebut tidak berubah setidaknya selama 3 atau 4 hari. Dengan cara ini, algoritma akan semakin mengoptimalkan audiens yang menampilkan iklan dan Anda akan melihat bagaimana biaya per klik dan per konversi semakin turun. Setelah jangka waktu ini berlalu, Anda dapat mulai mengevaluasi hasil dan membuat perubahan untuk lebih mengoptimalkan kampanye.

Membuat Iklan Asalan Tanpa Mengukur Hasil

Dalam pemasaran digital, Anda dapat mengukur hampir semua yang Anda lakukan secara real time, tetapi tidak semua orang memanfaatkan kekuatan ini, yang jelas merupakan kesalahan!

Sebelum meluncurkan kampanye, Anda harus sangat jelas tentang apa tujuan Anda, tindakan spesifik apa yang akan Anda pertimbangkan sebagai konversi, dan hasil apa yang Anda harapkan. Misalnya, “Saya ingin menghasilkan 50 prospek per hari, dengan biaya 10k per prospek dan tingkat konversi 3%-hingga 4%.”

Angka-angka ini akan memungkinkan Anda untuk mengevaluasi kampanye dan melihat apakah Anda semakin dekat dengan tujuan yang Anda tetapkan. Anda mungkin tidak selalu melakukannya dengan benar pada kali pertama, tetapi hal baiknya adalah Anda dapat belajar dengan sangat cepat. Dalam beberapa hari Anda akan dapat mengevaluasi kumpulan data pertama dan membuat perubahan jika perlu.

Memiliki Terlalu Banyak Target untuk Satu Action

Salah satu kesalahan besar dalam pemasaran digital adalah tidak tahu bagaimana memprioritaskan dan menginginkan semuanya pada saat yang bersamaan. Misalnya, Anda mungkin ingin menghasilkan prospek dan meningkatkan kesadaran merek, tetapi Anda juga mengharapkan konversi langsung dan jika tidak mendapatkannya, Anda menganggap tindakan tersebut tidak berhasil.

Untuk memperjelas prioritas, pikirkan tentang fakta bahwa ketika pengguna memulai proses konversi, dia mengambil serangkaian langkah. Yang Anda butuhkan adalah membuat jalur konversi, ini sangat jelas dan menetapkan satu ajakan bertindak untuk setiap kampanye. Misalnya, meminta pengguna menonton video, mengunduh konten, atau menghubungi Anda. Semakin jelas jalannya dan semakin sedikit gangguan yang ada, semakin baik hasilnya.

Mengiklankan Landing page Tanpa Tes A/B

Pengujian A/B adalah senjata rahasia yang membantu Anda mengoptimalkan pemasaran dan meningkatkan setiap elemen kampanye Anda. Mereka dapat (dan harus!) digunakan di semua jenis konten, tetapi ada dua yang sangat penting karena pengaruhnya dalam menghasilkan hasil: halaman arahan dan kampanye pemasaran email.

Oleh karena itu, selalu luncurkan dua versi berbeda dari LP Anda untuk dapat membandingkan hasil dari menit pertama. Anda dapat terus bereksperimen dengan berbagai elemen, seperti tata letak halaman, judul, atau ajakan bertindak. Setelah beberapa tes, Anda akan memiliki lebih banyak informasi tentang LP anda.

Menulis Artikel Blog tanpa Riset

Menghasilkan konten adalah karya, jadi Anda harus memastikan bahwa upaya tersebut akan mencapai hasil yang maksimal. Konten yang berharga adalah konten yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan dan Costumer Paint Point, dan pelanggan Anda & mungkin sangat berbeda dari Anda. Oleh karena itu, hal pertama yang harus dilakukan adalah meneliti kebutuhan pelanggan berdasarkan:

  • Riset kata kunci. Menggunakan alat seperti Google Keyword Planner, SemRush atau yang serupa, konsultasikan pencarian mana yang terkait dengan produk dan layanan Anda yang paling sering, berapa volume kueri, dan apa persaingannya.
  • Pertanyaan dari pelanggan Anda sendiri, misalnya, yang sering mereka tanyakan kepada tim penjualan.

Dengan semua informasi ini, Anda akan dapat membuat konten dan posting blog yang memiliki kemungkinan lebih besar untuk memposisikan dengan baik dan menghasilkan lebih banyak lalu lintas atau trafik.

Melupakan SEO Dasar

Memfokuskan SEO hanya pada kata kunci adalah sebuah kesalahan. Ya, penting untuk meneliti kata kunci yang baik secara menyeluruh, menulis artikel berkualitas, menerbitkan halaman pilar, dan kelompok topik, dll. Tetapi kenyataannya adalah bahwa bagian teknis situs web Anda juga memengaruhi penentuan posisi.

Untuk menghindari kesalahan pemasaran digital ini, Anda harus berkolaborasi dengan pakar SEO teknis untuk membantu Anda meningkatkan closing dan waktu pemuatan, Sitemap dan file robots.txt yang diperbarui, memperbaiki kesalahan 404, membuat pengalihan 301 yang benar, dan elemen kunci lainnya untuk efisiensi situs web Anda dan posisinya di mesin pencari.

Mengirimkan Broadcast Secara Massal Ke Database Anda

Mengirim email/database sekaligus ke seluruh data Anda dapat memberikan hasil dalam jangka pendek, tetapi dalam jangka panjang hubungan dengan pelanggan akan terganggu dan Anda tidak akan memanfaatkan potensi penuh dari data tersebut.

Untuk menghindari kesalahan pemasaran digital ini, segmentasikan database dari awal, baik dengan data yang disediakan oleh pengguna itu sendiri dalam berbagai bentuk, dan dengan apa yang dapat Anda peroleh dari perilaku mereka. Misalnya, produk yang mereka beli, frekuensi pesanan atau halaman yang mereka kunjungi di situs web Anda.

Otomatisasi pemasaran email adalah peluang utama untuk menawarkan lebih banyak personalisasi. Dalam waktu singkat, sebagian besar perusahaan akan melakukan segmentasi berdasarkan perilaku, jadi jika Anda dapat menjadi yang terdepan dalam industri Anda, Anda dapat menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Gagal Memahami Pelanggan

Ketika Anda mengetahui pelanggan perusahaan anda, memahami semua fase dan mengetahui informasi apa yang dibutuhkan pengguna di setiap titik. Dengan cara ini, Anda dapat menghubungi mereka pada waktu yang tepat dan dengan solusi yang tepat untuk masalah mereka.

   

Rekomendasi Hosting WordPress

NiagahosterBeli Hosting
ExabytesBeli Hosting
Halo perkenalkan saya Fatah, saya sangat senang dengan dunia Digital Marketing saya harap blog saya dapat membantu anda untuk upgrade diri.

Leave a Comment

error: Content is protected !!