Apa Itu Multichannel Marketing ?

Halo sahabat audia.my.id – Pemasaran multisaluran atau Multichannel Marketing merupakan suatu campuran teknik pemasaran dan saluran untuk menjangkau pelanggan baru dan yang sudah ada. Pemasaran multisaluran dapat mencakup email, surat langsung, media sosial, acara, iklan berbayar, lokasi fisik, dan banyak lagi. Pendekatan ini memungkinkan merek untuk menjangkau pelanggan yang tidak akan mereka temui dan memberi pelanggan pilihan dalam cara mereka berinteraksi dengan produk.

Pemasaran multisaluran mungkin tampak luar biasa namun ada banyak manfaat bagi bisnis. Kami akan membahas manfaat ini dan cara membuat kampanye multisaluran yang sukses di bawah ini.

Manfaat Multichannel Marketing

Sederhananya, pemasaran multisaluran memungkinkan Anda menjangkau lebih banyak pelanggan. Orang-orang memiliki preferensi mengenai saluran sosial dan bagaimana mereka ingin dipasarkan. Beberapa orang suka menghabiskan waktu di Instagram, sementara yang lain menyukai Twitter, dan karena alasan seperti inilah pemasaran multisaluran memiliki dampak yang jauh lebih besar. Berikut adalah beberapa manfaat paling kuat yang dapat diberikan pemasaran multisaluran kepada merek Anda.

Perluas Jangkauan Anda

Manfaat yang paling jelas dan berdampak adalah bahwa pemasaran multisaluran memperluas jangkauan Anda. Menggunakan saluran yang berbeda memungkinkan Anda untuk memperluas kesadaran merek Anda dan menjadikan diri Anda sebagai pemimpin industri. Banyak orang hanya menggunakan satu atau dua saluran, jadi penting untuk menemukan di mana audiens target Anda menghabiskan waktu mereka. Meskipun sebagian besar penjualan Anda kemungkinan akan berasal dari saluran tertentu, tetap penting untuk mempertahankan kehadiran di berbagai platform. Tujuannya adalah agar orang-orang mengenal merek Anda dan pemasaran multisaluran menyelesaikannya.

Meningkatkan Ketertarikan

Semakin banyak tempat yang ditampilkan merek Anda, semakin banyak ketertarikan yang akan Anda dapatkan. Orang menginginkan cara untuk berinteraksi dengan merek yang sesuai dengan mereka. Misalnya, panggilan telepon sudah ketinggalan zaman bagi banyak orang dan pesan Instagram mungkin sangat aneh bagi orang lain. Pesan yang konsisten dan kohesif di berbagai saluran pemasaran berarti orang dapat terlibat dengan Anda sesuai keinginan mereka. Mungkin mereka mulai dengan video YouTube, lalu pesan di FB, dan berakhir di toko fisik Anda untuk melakukan pembelian.

Kembangkan Bisnis Anda

Semakin banyak merek Anda terlihat akan semakin lebih baik. Namun, penting untuk memfokuskan sumber daya dan energi Anda ke saluran yang memberi Anda penjualan paling banyak. Menjelajahi pemasaran multisaluran memungkinkan Anda menemukan saluran paling efektif untuk pertumbuhan bisnis. Di mana pelanggan Anda menghabiskan waktu mereka? Taktik pemasaran apa yang paling berhasil? Platform apa yang mencapai keterlibatan tertinggi? Semua pertanyaan ini dapat dijawab dengan mengambil pendekatan multisaluran dan menganalisis hasil.

Tips Membuat Kampanye Multichannel Marketing yang Sukses

Kampanye pemasaran multisaluran yang diteliti dengan baik dan strategis dapat berdampak serius pada bisnis Anda. Jika Anda menerima tantangan (dan kami menyarankan Anda melakukannya), ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan saat mengembangkan kampanye Anda.

Belum lama ini pemasar terbatas hanya pada beberapa cara untuk beriklan. Saat ini ada banyak sekali pilihan untuk menjangkau pemirsa dan jumlah saluran terus bertambah. Pikirkan tentang gelombang podcast dan konten TikTok baru-baru ini, misalnya. Yang mengatakan, berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda meningkatkan keberhasilan kampanye pemasaran multichannel Anda.

Identifikasi Target Pemirsa dan Personal Pembeli Anda

Ini adalah langkah pertama dan terpenting. Siapa yang Anda coba hubungi? Tipe orang seperti apa yang tertarik dengan produk atau layanan Anda? Pahami demografi dan kebiasaan persona pembeli Anda sambil merampingkan pengiriman pesan Anda dan meningkatkan penjualan Anda. Mempertimbangkan faktor-faktor seperti usia, lokasi, minat, tingkat pendapatan, dll. Anda dapat menyusun nada dan gaya pesan yang tepat dan terhubung dengan audiens target Anda.

Pilih Channel Anda

Berdasarkan persona pembeli Anda, Anda dapat menargetkan saluran tertentu tempat orang-orang ini menghabiskan waktu mereka. Apakah mereka Gen-Z? Maka TikTok dan Instagram adalah taruhan yang bagus. Apakah mereka profesional paruh baya? Mungkin LinkedIn dan Facebook ideal. Dengan riset industri dan analisis data pelanggan Anda sendiri, Anda dapat menemukan dari mana sebagian besar lalu lintas Anda berasal dan menguji keefektifan platform baru. Namun, kecuali Anda memiliki tim yang besar, Anda harus fokus pada 2 hingga 3 platform karena Anda harus konsisten untuk membuat dampak.

Ciptakan Pengalaman yang Kohesif

Pengalaman merek yang konsisten dan kohesif sangat penting untuk kampanye pemasaran multisaluran Anda. Jika pelanggan terlibat dengan Anda di Facebook dan kemudian Instagram, mereka harus mengalami tingkat kualitas konten dan pesan yang sama. Anda tidak ingin membingungkan pelanggan, melainkan memperkuat komunikasi yang mereka miliki atau mungkin miliki di saluran lain. Yang mengatakan, setiap platform memiliki aturan, kelebihan, dan batasannya sendiri.

Maksimalkan dan Pahami Setiap Saluran

Setiap saluran pemasaran melayani tujuan tertentu. Daftar email, misalnya, membantu Anda memberi informasi kepada pelanggan, membagikan penawaran eksklusif, dan meningkatkan produk. Instagram sangat ideal untuk menyoroti produk, gaya hidup, dan berbagi momen secara visual melalui Stories atau Reels. Lokasi fisik sangat bagus untuk menciptakan sentuhan pribadi dan mengembangkan kepercayaan.

Jika Anda memahami setiap saluran, Anda dapat memutuskan apakah Anda ingin memasukkannya ke dalam kampanye Anda dan bahkan menyewa seorang spesialis untuk memaksimalkan dampak Anda. Pastikan Anda tidak hanya mendaur ulang konten, tetapi juga membuat konten unik yang dioptimalkan untuk setiap saluran. Berbagi silang boleh saja, tetapi jaga agar setiap saluran tetap segar dengan konten eksklusif juga.

Ikutin terus perkembangan tren

Teknologi terus mengubah cara kita beriklan. Hanya beberapa tahun yang lalu Anda akan kesulitan untuk meyakinkan seseorang bahwa media sosial akan mengambil alih periklanan. Saat ini, bahkan TV pintar, asisten rumah tangga, dan aplikasi seperti TikTok perlu dipertimbangkan dalam kampanye pemasaran multisaluran Anda. Pencarian berbasis lokasi dan suara juga menjadi semakin populer. Bahkan jika Anda tidak menggunakan semua platform ini, penting untuk tetap mengetahui kekuatan yang membentuk industri pemasaran.

 

Kesimpulanya Multichannel Marketing adalah suatu keharusan untuk hampir setiap merek/brand. Orang-orang berharap dapat berinteraksi dengan bisnis kapan dan di mana mereka memilih, jadi cari tahu di mana pelanggan Anda aktif, buat promosi Anda, dan jalankan pesan kohesif di semua saluran Anda. Lakukan ini secara konsisten dan Anda akan melihat bahwa pemasaran multisaluran adalah salah satu aktivitas paling bermanfaat yang dapat diterapkan oleh bisnis Anda. bagaimana tanggapan anda ?

   

Rekomendasi Hosting WordPress

NiagahosterBeli Hosting
ExabytesBeli Hosting
Halo perkenalkan saya Fatah, saya sangat senang dengan dunia Digital Marketing saya harap blog saya dapat membantu anda untuk upgrade diri.

Leave a Comment

error: Content is protected !!