Apa Itu Sales Pipeline ?

Halo sahabat audia.my.id – Telah terbukti bahwa semakin banyak kendali yang Anda miliki atas jalur penjualan atau aliran penjualan, semakin banyak manfaat yang Anda dapatkan. Dalam artikel ini kami akan menjelaskan apa sebenarnya saluran penjualan dan bagaimana Anda dapat memasukkannya ke dalam strategi penjualan dan pemasaran perusahaan Anda.

Apa itu Sales Pipeline?

Istilah pipa tidak eksklusif untuk departemen penjualan. Ini sebenarnya mengacu pada semua proses yang dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam departemen penjualan, itu adalah alat yang digunakan untuk menyusun semua langkah yang diambil selama proses penjualan.

Anda dapat menggunakannya untuk melihat di mana dalam proses penjualan prospek Anda, yang memungkinkan Anda memperkirakan berapa banyak prospek yang akan menjadi pelanggan, selalu dengan cara tertentu. Hal ini juga memungkinkan untuk mendeteksi masalah dalam proses penjualan.

Pipeline memiliki keuntungan yang sangat jelas bagi perusahaan:

  • Itu membuatnya lebih mudah untuk merancang strategi penjualan di masa depan.
  • Itu membuatnya lebih mudah untuk menyusun kegiatan tim penjualan.
  • Biaya dapat ditentukan dan sumber daya yang digunakan dapat dinegosiasikan.
  • Ini memungkinkan Anda untuk mengevaluasi dan mengoptimalkan aktivitas penjualan.
  • Itu memungkinkan untuk menetapkan tujuan dengan cara yang lebih jelas dan lebih realistis.
  • memungkinkan Anda untuk mendeteksi masalah dalam proses penjualan.
  • Itu memungkinkan untuk menilai kualitas prospek Anda.
  • Untuk alasan ini, memiliki Pipeline menjadi sangat penting untuk mengontrol segala sesuatu yang terjadi dalam proses penjualan.

Bagaimana Cara Membuat Saluran Penjualan atau Sales Pipeline?

Jika Anda berpikir untuk membuat Sales Pipeline sendiri, berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda ikuti:

  • Bedakan tahapan siklus penjualan Anda (jalur yang diikuti pengguna dalam perjalanan menjadi pelanggan). Ada tiga momen kunci: pengakuan, pertimbangan, dan keputusan, dan di dalam masing-masing momen ini, mungkin ada langkah yang berbeda.
  • Pantau jumlah prospek yang melewati setiap tahap ini. Langkah ini berguna untuk mendeteksi jika ada kesalahan atau sesuatu yang harus diperbaiki di salah satu tahapan.
  • Hitung jumlah lead yang dibutuhkan untuk mencapai target Anda.
  • Rincikan setiap lead seperti berdasarkan tindakan dan tanggapan Anda.
  • Buat proses penjualan yang disesuaikan dengan audiens target Anda dan capai tujuan Anda.

Membuat pipeline sebenarnya cukup sederhana, karena bahkan spreadsheet pun dapat digunakan. Di dalamnya, tahapan yang berbeda harus ditentukan dalam kolom, dan di setiap baris Anda dapat memasukkan data prospek. Kemudian Anda harus menandai langkah-langkah yang diambil oleh setiap lead untuk mendapatkan gambaran umum dari keseluruhan proses penjualan. Melakukan ini secara manual cukup rumit, terutama ketika Anda memiliki banyak prospek, tetapi ada perangkat lunak yang dapat Anda gunakan yang akan membuat pekerjaan ini lebih mudah.

List Aplikasi yang akan membantu anda membuat Sales Pipeline

Ada beberapa program yang dapat digunakan untuk membuat pipeline. Namun, untuk mengelola alat ini, semua langkah yang tercantum di atas harus diikuti dan Anda harus memiliki data nyata.

Hubspot Sales Pipeline

Hubspot Sales Pipeline adalah salah satu program yang paling populer, karena sangat visual dan menampilkan kemajuan setiap prospek dalam proses penjualan. Ini juga memberikan informasi tentang tindakan apa yang harus diambil untuk memimpin untuk menjadi pelanggan, meramalkan kemungkinan keberhasilan, dan mengidentifikasi hambatan.

Insightly

Perangkat lunak ini sangat ideal untuk perusahaan kecil dan menengah. Ini memungkinkan Anda mengelola berbagai proyek, pelanggan, dan data dengan mudah. Satu-satunya kelemahan Insightly adalah ia memiliki beberapa keterbatasan dalam mengirim email, terutama dalam mengirim ke grup atau dalam format selain html.

XANT Playbooks

Playbooks, yang sebelumnya bernama InsideSales.com, memiliki tujuan yang sama dengan program lainnya, hanya saja dilengkapi dengan Neuralytics, sejenis kecerdasan buatan. Selain menunjukkan tahapan setiap prospek dan memberikan semua informasi yang dapat berguna bagi departemen penjualan, ini membuat perkiraan yang jauh lebih akurat.

Zoho CRM

Zoho CRM adalah salah satu opsi terbaik untuk perusahaan dengan anggaran yang lebih ketat, karena memungkinkan Anda mengelola prospek, pelanggan, dan alur kerja dengan cara yang sangat sederhana dan efektif. Ini juga memiliki layanan panggilan cerdas yang memungkinkan Anda untuk mengelola obrolan yang berbeda pada saat yang sama dan dapat membuat pesan template.

Pipedrive

Perangkat lunak lain yang direkomendasikan adalah Pipedrive, yang dirancang khusus untuk membantu bisnis kecil mengelola tugas dan pelanggan. Salah satu kelebihan program ini adalah sangat intuitif dan mudah digunakan.

Memiliki Sales Pipeline sangat penting karena memberi Anda pandangan yang lebih akurat tentang apa yang terjadi dalam proses penjualan. Memahami hal ini akan membantu Anda menjadi jauh lebih efektif dan mendeteksi kemungkinan masalah dengan lebih cepat, yang pada gilirannya akan menghasilkan manfaat yang lebih besar bagi perusahaan Anda.

   

Rekomendasi Hosting WordPress

NiagahosterBeli Hosting
ExabytesBeli Hosting
Halo perkenalkan saya Fatah, saya sangat senang dengan dunia Digital Marketing saya harap blog saya dapat membantu anda untuk upgrade diri.

Leave a Comment

error: Content is protected !!