Apa Itu Whatsapps Bisnis ?

Halo sahabat audia.my.id – WhatsApp adalah salah satu aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan, itulah sebabnya perusahaan meluncurkan WhatsApp Business. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dan dirancang sebagai metode komunikasi antara perusahaan dan pelanggan mereka. Selain itu, aplikasi ini telah menjadi alat pemasaran yang sangat berguna.

Apa Itu WhatsApp Bisnis ?

WhatsApp Business adalah aplikasi gratis, terpisah dari aplikasi WhatsApp asli yang dapat Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan keluarga, teman, dll. Ini dirancang untuk bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah dapat digunakan di perangkat yang sama dengan akun WhatsApp biasa Anda yang lain, meskipun setiap aplikasi memiliki nomor telepon terkait yang berbeda. Selain itu, baik nomor telepon rumah maupun nomor ponsel dapat digunakan, sehingga WhatsApp Business dapat ditautkan ke nomor yang sudah berfungsi sebagai kontak Anda.

Hal lain yang perlu diketahui adalah bahwa WhatsApp Business kompatibel dengan WhatsApp Web dan tersedia untuk Android dan iOS.

Kenapa Harus Menggunakan Whatsapp Bisnis ?

Ada banyak alasan mengapa sebuah perusahaan harus memiliki akun WhatsApp Business.

Ini memungkinkan Anda untuk berbagi informasi bisnis dengan pelanggan. Melalui aplikasi ini, Anda dapat membagikan data yang menurut pelanggan berguna seperti lokasi, alamat email, jam kerja, dll.

  1. Anda dapat mengoptimalkan layanan pelanggan. Pelanggan bisa mendapatkan respons cepat, karena memungkinkan untuk membuat dan mengirimnya dengan satu klik. Dimungkinkan juga untuk mengotomatiskan balasan yang tidak ada atau pesan ucapan. Jenis pesan ini sangat berguna ketika pelanggan menghubungi bisnis Anda di luar jam kantor. Dengan cara ini, pelanggan mengetahui bahwa mereka akan mendapatkan jawaban dalam beberapa jam atau pada hari kerja berikutnya.
  2. Anda dapat memberikan layanan pelanggan yang sangat efektif dan cepat. Pelanggan semakin menghargai tanggapan dari perusahaan dengan cara yang cepat dan dipersonalisasi, yang merupakan sesuatu yang dimungkinkan oleh WhatsApp Business. Jika pelanggan menghubungi perusahaan selama jam kerja, kemungkinan besar tanggapan akan tiba dalam beberapa menit.
  3. Anda dapat dengan mudah mengirim file. WhatsApp Business memungkinkan Anda untuk mengunggah daftar produk sehingga pelanggan dapat berkonsultasi kapan saja. Dimungkinkan juga untuk mengirim file melalui aplikasi.

Singkatnya, WhatsApp Business membawa pelanggan lebih dekat ke bisnis Anda dan memungkinkan mereka untuk mengajukan pertanyaan dan menyelesaikan masalah,  Perusahaan, pada bagiannya, dapat menangani layanan pelanggan dengan cara yang jauh lebih efisien.

Bagaimana Cara Menggunakan Whatsapps Step by Step

Menyiapkan WhatsApp Business sangat sederhana jika Anda mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Unduh dan buka aplikasi WhatsApp Business. Itu dapat diunduh sepenuhnya gratis dari Google Play Store atau Apple App Store.
  2. Tinjau Persyaratan Layanan. Anda harus membaca Persyaratan Layanan WhatsApp Business untuk menginstal aplikasi dengan benar. Kemudian klik “terima dan lanjutkan,” yang menunjukkan bahwa Anda menerima semua ketentuan dan melanjutkan instalasi dan pendaftaran.
  3. Daftar. Untuk melanjutkan pendaftaran, Anda harus memilih negara tempat perusahaan Anda berada. Anda juga harus memasukkan nomor telepon untuk menerima kode 6 digit melalui SMS atau panggilan telepon. Anda harus memasukkan kode ini untuk menyelesaikan pendaftaran.
  4. Otorisasi akses ke kontak dan foto Anda. Anda dapat menambahkan kontak ke aplikasi WhatsApp Business dari buku alamat yang sama di perangkat seluler Anda. Untuk melakukan ini, aplikasi memerlukan izin Anda untuk mengakses informasi tersebut. Hal yang sama berlaku untuk foto, video, atau file lainnya.
  5. Buat sebuah akun. Anda harus memasukkan nama perusahaan Anda dan kategorinya. Anda juga harus memilih gambar profil, yang bisa berupa logo Anda atau sesuatu yang lain yang akan langsung memberi tahu orang-orang bisnis mana yang dimiliki akun tersebut.
  6. Buat profil perusahaan. Langkah terakhir adalah pergi ke ‘Jelajahi’ dan kemudian ‘Profil Perusahaan’ dan tambahkan semua informasi yang mungkin relevan dengan pelanggan Anda, seperti alamat dan jam buka Anda.

Setelah semua ini selesai, Anda dapat memulai percakapan atau menjawab pertanyaan. Cukup pilih kontak dan kirim pesan teks.

Disarankan untuk mengaitkan akun WhatsApp Business Anda dengan nomor telepon profesional, yang dapat berupa ponsel atau telepon rumah, karena pelanggan dapat menggunakannya untuk menelepon teks. Alasan lain mengapa ini adalah ide yang bagus adalah karena pelanggan dapat mengirim pesan kapan saja pada hari apa saja dalam seminggu, bahkan di luar jam kerja.

Penting juga untuk memberikan informasi tentang perusahaan, seperti jam operasional, lokasi, situs web, dan mungkin deskripsi singkat tentang bisnis Anda. Pada dasarnya menjawab pertanyaan yang paling sering diajukan untuk mengurangi jumlah pertanyaan yang Anda terima. Kami juga merekomendasikan untuk menggunakan salam otomatis, ketidakhadiran, dan pesan tanggapan cepat.

Mempertimbangkan popularitas WhatsApp, WhatsApp Business dapat menjadi salah satu saluran komunikasi terbaik antara perusahaan dan kliennya. Selain itu, gratis, kompatibel dengan Android dan iOS, dan Anda bahkan dapat menggunakan versi desktop. bagaimana tanggapan anda ?

   

Rekomendasi Hosting WordPress

NiagahosterBeli Hosting
ExabytesBeli Hosting
Halo perkenalkan saya Fatah, saya sangat senang dengan dunia Digital Marketing saya harap blog saya dapat membantu anda untuk upgrade diri.

Leave a Comment

error: Content is protected !!