Full Toturial Cara Beriklan Di Instagram Step By Step 2021

Halo sahabat audia.my.id – Beriklan di Instagram adalah topik besar dan bagus saat ini. Tak heran jika banyak orang mencoba mempelajari cara beriklan di Instagram. Dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan, Instagram adalah jejaring sosial konten visual terkemuka yang menawarkan peluang luar biasa bagi pemasar digital untuk menjangkau audiens target mereka.

Jika Anda sudah kehabisan peluang pemasaran influencer Instagram Anda atau hanya ingin mencoba saluran pemasaran baru, tetapi tidak tahu harus mulai dari mana, berikut adalah panduan langkah demi langkah cepat untuk beriklan di Instagram.

Mengapa Beriklan di Instagram?

Karena keduanya didorong secara visual dan dibangun berdasarkan kebutuhan audiens dengan rentang perhatian yang pendek, Instagram dan e-Commerce berjalan beriringan. Sebagian besar toko online sangat bergantung pada citra produk berkualitas tinggi untuk mengubah pengunjung menjadi pembeli. Menggunakan kembali gambar-gambar yang berkonversi dengan baik ini dan mempelajari cara beriklan di Instagram pada platform berbagi foto terasa seperti langkah yang mudah.

Iklan Instagram juga memungkinkan Anda mengontrol di mana iklan Anda muncul dan siapa yang melihatnya. Dibandingkan dengan kemitraan berbayar, iklan Anda diterbitkan dari akun Anda sendiri. Anda hanya perlu memutuskan berapa banyak yang ingin Anda belanjakan untuk iklan, ke mana harus mengirim orang yang mengekliknya, dan siapa yang harus mereka jangkau.

Manfaat menggunakan iklan Instagram untuk bisnis Anda antara lain:

  • Platform yang mudah digunakan
  • Harga terukur
  • Pelaporan yang kuat sehingga Anda terus meningkat

Salah satu keuntungan paling menonjol dari beriklan di Instagram adalah kesempatan untuk menjangkau ribuan pengguna yang terlibat tanpa mengganggu pengalaman menjelajah mereka. Iklan Instagram muncul hampir identik dengan posting biasa yang dibagikan oleh pengguna platform. Asosiasi Pemasaran Seluler menemukan bahwa pengguna cenderung menghabiskan 40% lebih banyak waktu untuk berinteraksi dengan iklan bawaan daripada iklan bergambar tradisional. Ini adalah statistik yang membuka mata bagi mereka yang ingin berinvestasi di saluran periklanan baru.

Berapa Biaya Beriklan di Instagram?

Banyak bisnis ingin tahu berapa biaya iklan Instagram sebelum mereka melakukan lompatan. Menurut penelitian oleh Revealbot, biaya rata-rata menjalankan kampanye iklan Instagram adalah:

  • Rp. 7.000 CPM (biaya per seribu tayangan)
  • BPK Rp. 120 (biaya per klik)

Situs tersebut juga mengklaim bahwa BPK dan BPS rata-rata dapat bervariasi menurut tujuan kampanye. Grafik di bawah menunjukkan bahwa BPK iklan Instagram dapat berkisar antara $0,25 dan $7,96, berdasarkan tujuan Anda.

Artinya CPC yang baik di Instagram akan berbeda antara satu bisnis dengan bisnis lainnya. Hasilnya akan tergantung pada industri Anda, produk yang Anda jual, dan iklan yang Anda gunakan.

Perlu juga disebutkan bahwa biaya iklan Instagram Anda dapat bervariasi berdasarkan persaingan di industri Anda. Kemungkinannya adalah, jika Anda berada dalam industri yang sangat kompetitif, akan lebih mahal untuk mendapatkan pelanggan daripada jika Anda berada di sektor bisnis yang kurang kompetitif.

Jenis Iklan Instagram

Berikut adalah beberapa jenis iklan Instagram yang dapat Anda gunakan untuk kampanye Anda:

  • Video ads
  • Photo ads
  • Carousel ads
  • Stories ads
  • Collection ads

1. Video Ads
Video Instagram bisa berdurasi 60 detik, dengan footage diambil dalam format persegi atau lanskap. Ini memberi Anda lebih banyak kelonggaran untuk memperkenalkan dan mempromosikan bisnis Anda daripada batas 15 detik sebelumnya.

2. Photo Ads
Iklan foto berisi satu gambar dalam format persegi atau lanskap. Ini adalah yang paling mudah dibuat dalam hal aset visual, karena Anda hanya membutuhkan satu gambar.

3. Carousel Ads
Ini dapat mencakup 2-10 video dan/atau gambar yang dapat dilihat orang dengan menggeseknya.

4. Story Ads
Instagram Stories berfungsi seperti Snapchat karena memungkinkan bisnis berbagi konten visual yang merusak diri sendiri. Anda dapat beriklan di Insta Stories menggunakan video atau gambar.

5. collection Ads
Iklan koleksi berfungsi seperti iklan video, muncul sebagai video di umpan pengguna. Namun, mereka dibuat menggunakan serangkaian gambar diam yang diputar seperti tayangan slide video. Anda dapat menambahkan audio dan teks ke iklan koleksi Instagram Anda.

Cara Mengiklankan Bisnis Anda di Instagram: 8 Langkah

Untuk menyiapkan kampanye iklan Instagram, Anda harus memiliki halaman Facebook perusahaan, dan semua penganggaran, penjadwalan, dan pembuatan dilakukan melalui Pengelola Iklan Facebook. Tidak ada pengelola Instagram terpisah, jadi Anda tidak perlu membuat akun iklan baru. Jika Anda pernah menjalankan iklan Facebook di masa lalu, Anda cukup cepat dengan prosesnya.

Tapi mari kita lihat langkah demi langkah.

5 hal sebelum kita mulai…
Untuk sukses di Instagram Anda akan membutuhkan 5 hal.

  • Merek dan produk. Instagram berfungsi untuk merek dan produk berbeda yang dapat menarik perhatian browser — kampanye kesadaran merek tidak memberikan hasil yang fantastis.
  • Visual. Seperti yang disebutkan sebelumnya, visual berkualitas tinggi akan menjadi faktor pendorong di balik kesuksesan iklan Anda. Pastikan Anda memiliki beberapa hal yang menarik untuk ditampilkan sebelum Anda mulai beriklan di Instagram.
  • Halaman Facebook. Lucunya, untuk menjalankan iklan di Instagram, Anda perlu menyiapkan halaman bisnis Facebook. Tidak bisa lepas dari yang satu ini.
  • Landing Page. Di mana Anda akan mengarahkan semua lalu lintas? Siapkan halaman arahan untuk mendapatkan yang terbaik dari tombol ajakan bertindak itu. Beranda Anda juga berfungsi jika dioptimalkan untuk konversi.
  • akun Instagram. Anda masih dapat menjalankan iklan di Instagram meskipun Anda tidak memilikinya, tetapi untuk lebih memahami platform dan getarannya, ada baiknya untuk memeriksanya sebelum menuangkan uang ke dalamnya.

1. Memilih Alat yang Tepat

Ada beberapa alat Facebook berbeda yang dapat Anda gunakan untuk menyiapkan iklan Instagram (Ads Manager, Power Editor, Facebook Marketing API). Tetapi untuk alasan kesederhanaan, kami akan menggunakan Pengelola Iklan, yang merupakan yang paling populer dan dapat memenuhi kebutuhan Anda dengan mudah. Langkah pertama adalah membuat kampanye iklan baru.

2. Memilih Tujuan Anda

Saat Anda mengklik untuk membuat iklan baru, Anda akan diarahkan ke halaman ini.

Seperti halnya kampanye iklan lainnya, menentukan apa yang ingin Anda capai sangat penting. Jika Anda mencoba iklan Instagram untuk pertama kalinya, saran saya adalah memilih tujuan sederhana, seperti Lalu Lintas (alias mengirim orang ke situs web Anda)”.

Meskipun Anda mungkin tergoda untuk langsung menjadi pemimpin, ingatlah bahwa proses pengaturan iklan semacam itu sedikit lebih lama dan lebih rumit.

Tidak semua tujuan dalam daftar berfungsi dengan iklan Instagram. Jika kampanye Anda berjalan di Facebook dan Instagram, Anda dapat memilih salah satu tujuan yang diusulkan. Namun, jika hanya menargetkan pengguna Instagram, maka Anda harus memilih dari daftar berikut:

  • Reach
  • Traffic
  • Brand awareness
  • App installs
  • Engagement
  • Video views
  • Conversions
  • Lead generation
  • Messages
  • Store traffic
  • Catalog sales

Saya akan tetap berpegang pada saran saya sendiri dan memilih “Lalu Lintas atau traffic“.

Setelah memilih tujuan, Anda akan secara otomatis dipromosikan untuk memberi nama pada kampanye Anda. Pastikan untuk menyertakan atribut seperti tanggal, penawaran, dan konten untuk mempermudah mengidentifikasi kampanye di masa mendatang.

3. Memilih Audiens Anda

Jika Anda baru mulai belajar cara beriklan di Instagram, memilih audiens yang tepat mungkin rumit. Latihan adalah guru terbaik, jadi jangan terlalu khawatir tentang ini sekarang. Hal terpenting yang harus Anda ingat adalah audiens seperti apa yang paling selaras dengan tujuan yang telah Anda pilih pada langkah sebelumnya.

Jika Anda menggunakan “Lalu Lintas”, gunakan persona pembeli standar Anda untuk menentukan audiens. Siapa yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang produk atau layanan Anda? Atau, Anda dapat membuat Pemirsa Khusus untuk menampilkan iklan kepada sekelompok orang tertentu.

Atau, Anda dapat membuat Pemirsa Khusus untuk menampilkan iklan kepada sekelompok orang tertentu.

4. Memilih Penempatan

Langkah selanjutnya adalah di mana Anda bisa memilih tempat di mana iklan Anda akan ditampilkan. Cukup hapus centang semua kotak kecuali “Instagram” dan gulir ke bawah.

5. Menyiapkan Anggaran dan Jadwal Anda

Yang ini cukup mudah. Berapa banyak yang ingin Anda belanjakan? Dua opsi yang tersedia adalah Anggaran Harian dan Anggaran Seumur Hidup. Apa bedanya?

Anggaran harian adalah rata-rata yang akan Anda belanjakan setiap hari selama periode iklan Anda. Anggaran seumur hidup adalah jumlah maksimum yang akan Anda belanjakan selama periode yang ditetapkan untuk menjalankan iklan Anda.

Selanjutnya, tentukan jadwal dengan memilih salah satu dari dua opsi. Kecuali Anda memiliki gagasan yang sangat jelas pada hari dan jam mana iklan Anda akan berkinerja terbaik, pilih opsi “Jalankan set iklan saya terus menerus mulai hari ini”.

Berikutnya dalam daftar adalah mengatur pengoptimalan untuk iklan Anda. Anda akan diberikan tiga opsi berbeda di menu tarik-turun “Pengoptimalan untuk penayangan iklan”. Inilah yang mereka maksud:

  • Klik tautan adalah opsi yang disarankan. Iklan dioptimalkan untuk klik tautan untuk membawa orang yang tepat ke situs web Anda dengan biaya terendah.
  • Tayangan. Iklan tidak dioptimalkan untuk klik tetapi akan ditayangkan kepada orang-orang sebanyak mungkin. Jika Anda pernah melihat iklan yang sama di feed Anda beberapa kali sepanjang hari, itu dia.
  • Jangkauan unik harian. Iklan Anda akan ditampilkan kepada orang-orang sekali sehari.
  • Landing PAge Views. Iklan Anda akan ditayangkan kepada mereka yang paling mungkin mengeklik tautan iklan Anda dan memuat situs web Anda.

Bagaimana seharusnya Anda menawar?

Opsi tawaran akan menentukan seberapa efektif iklan Anda ditayangkan. Kebenarannya agak sederhana. Jika Anda sangat menghargai klik tautan, Anda dapat secara manual menetapkan harga yang siap Anda bayar untuk setiap klik tautan dan mencoba untuk mengalahkan iklan lain yang bersaing untuk mendapatkan perhatian pemirsa yang sama. Jika Anda belum tahu, pilih opsi Otomatis dan serahkan pada algoritme Facebook untuk memberi Anda klik terbanyak dengan harga terendah.

6. Memilih Format yang Tepat

Kami akhirnya mencapai bagian kampanye yang paling menarik! Saatnya memilih format yang paling sesuai untuk iklan Anda.

Tujuan yang Anda tetapkan untuk kampanye iklan ini harus menjadi faktor utama yang menentukan format iklan. Anda dapat mengunjungi Panduan Iklan Facebook untuk informasi lebih lanjut tentang format yang tersedia.

7. Mengatur Halaman dan Tautan Facebook Anda

Kami hampir selesai… Hubungkan Halaman Facebook dan akun Instagram Anda. Jika bisnis Anda belum memiliki akun Instagram, Anda masih dapat menjalankan iklan di Instagram karena Halaman Facebook Anda akan digunakan untuk mewakili merek Anda dalam iklan Anda.

Kemudian cukup ikuti langkah-langkahnya dan masukkan konten iklan Anda. Beberapa tips sederhana yang perlu diingat…

  • Teks: jaga agar salinan tetap tajam dan ringkas. 125 adalah batas yang disarankan — untuk melihat apa pun setelah 125 karakter, pengguna perlu meluaskan iklan dengan mengeklik “Lainnya”.
  • URL Situs Web: ini adalah URL halaman tempat Anda mengarahkan semua lalu lintas. Pastikan URL Anda diberi tag dengan benar dengan parameter UTM unik untuk dapat melacak kinerja iklan.
  • Ajakan bertindak (CTA): CTA Anda harus ditautkan langsung ke konten yang Anda tawarkan. Jika tujuannya adalah untuk membuat orang mengunjungi situs web Anda, maka “Pelajari Lebih Lanjut” mungkin merupakan opsi yang paling tepat. Jika Anda mengiklankan produk tertentu, ada baiknya menguji sesuatu yang sedikit lebih agresif — seperti “Belanja Sekarang”. Ikuti aturan ini untuk membuat ajakan bertindak yang mematikan untuk kampanye Anda.
  • Berikan kampanye Anda tampilan kedua yang bagus dengan mengklik “Tinjau Pesanan” dan kemudian tekan “Tempatkan Pesanan” untuk membiarkan iklan hilang!

Itu saja, Anda berhasil.

8. Melacak Kinerja Anda

Eh, tapi tunggu. Tidak ada yang dilakukan sampai selesai, dan saya berjanji untuk menunjukkan kepada Anda cara beriklan di Instagram.

Setelah iklan Anda aktif dan berjalan, ingatlah untuk mengawasi semua metrik dan melacak kinerjanya. Anda juga dapat masuk kembali dan mengubah iklan — ubah gambar jika berkinerja buruk, coba salinan baru, atau ajakan bertindak yang berbeda.

Untuk melihat dasbor lengkap dengan data jangkauan, jumlah total yang dibelanjakan dan biaya per klik, buka Pengelola Iklan Anda. Di sudut kanan atas, Anda akan melihat tombol yang mengatakan “Kolom: Kinerja”. Jika Anda mengkliknya, menu tarik-turun dengan daftar opsi yang luas akan terbuka. Anda dapat menyesuaikan laporan Anda untuk mendapatkan wawasan tentang segala hal mulai dari jumlah klik-tayang hingga suka halaman.

   

Rekomendasi Hosting WordPress

NiagahosterBeli Hosting
ExabytesBeli Hosting
Halo perkenalkan saya Fatah, saya sangat senang dengan dunia Digital Marketing saya harap blog saya dapat membantu anda untuk upgrade diri.

Leave a Comment

error: Content is protected !!