Magento VS Shopify Mana Yang Terbaik ?

Halo sahabat audia.my.id –  Jika ada satu hal yang semua bisnis harus transisi dengan cepat ke tahun lalu, itu adalah penjualan online. Sebagian besar kegiatan ritel bergeser dari offline menjadi online.

Tetapi bahkan ketika pandemi mulai memudar, orang akan tetap membeli produk secara online. Ini menuntut perlunya membangun toko online, dan kabar baiknya adalah ada bisa memilih antara kedua platform yang kami sarankan ini.

Mari kita lihat dua raksasa e-commerce: Magento & Shopify.

Jika berdasarkan penelitian Anda, persaingan antara keduanya tampak sengit, itu karena memang demikian. Tapi jangan khawatir; kami di sini untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat berdasarkan kebutuhan Anda.

Dalam posting ini, kami akan melakukan perbandingan Shopify vs Magento terperinci untuk membantu Anda mengidentifikasi platform yang tepat untuk toko Anda. Anda akan belajar tentang fitur-fitur penting dari kedua platform, membuatnya mudah untuk membandingkan dan memilih di antara mereka.

Shopify vs Magento: Gambaran Umum

Sebelum membandingkan Shopify dan Magento head-to-head, mari kita lihat sekilas kedua platform.

Apa itu Shopify?

Shopify adalah platform e-commerce yang dihosting penuh yang menawarkan hosting web, penyimpanan online, dan bandwidth tidak terbatas dalam satu paket. Muncul dengan pembuat toko tanpa kode yang memungkinkan siapa pun untuk membangun toko mereka sendiri—tidak diperlukan keahlian pemrograman. Plus, ada editor tema yang dapat Anda gunakan untuk menyesuaikan dan melengkapi toko Anda dengan mudah.

Apa itu Magento?

Magneto adalah platform e-commerce sumber terbuka yang dirancang untuk memfasilitasi merek e-commerce perusahaan. Menjadi sumber terbuka berarti, Anda harus mengatur dan mengatur hosting Anda sendiri. Ini bisa merepotkan bagi pemilik usaha kecil yang tidak terbiasa dengan cara kerja hosting web. Tetapi Magento sangat fleksibel, artinya ia menawarkan banyak cara untuk menyesuaikan toko Anda (perhatikan bahwa Anda harus menguasai PHP untuk menggunakan Magento sendiri).

Apa itu Magento2?

Magento 2 adalah versi terbaru dari platform e- commerce Magento yang populer. Magento 2 mendukung PHP terbaru dan lebih cepat dalam kinerja frontend menyeluruh. Pengguna Magento yang sudah ada dapat meningkatkan ke Magento 2 untuk meningkatkan kecepatan situs mereka secara keseluruhan.

Apa Perbedaan Antara Shopify dan Magento?

Perbedaan utamanya adalah Shopify adalah platform e-commerce yang dihosting sepenuhnya, sementara Magento adalah solusi yang dihosting sendiri untuk membangun toko commerce . Jadi, ketika Anda mendaftar ke Shopify, Anda akan merasa tenang karena semua kebutuhan infrastruktur Anda sudah tercakup secara langsung.

Kemudahan penggunaan

Platform e-commerce harus mudah digunakan agar Anda dapat memanfaatkannya sepenuhnya. Semakin sederhana solusinya, semakin nyaman Anda bereksperimen dengan fungsionalitasnya.

Shopify membuatnya sangat mudah untuk menyelam dan menghidupkan toko Anda. Setelah Anda memulai uji coba gratis 14 hari, Anda akan diarahkan ke dasbor admin, tempat semua alat yang Anda butuhkan diatur dengan rapi ke dalam bagian yang mudah dipahami.

Editor drag-and-drop Shopify memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan situs web mereka sesuka mereka, menambahkan dan menghapus modul seperti penghitung waktu mundur, gambar, dan kotak teks sesuka hati.

Magento, di sisi lain, tidak mudah digunakan. Meskipun platform ini memiliki antarmuka yang bersih dan canggih, namun memerlukan keahlian pengkodean untuk menavigasi dan menggunakan secara efektif. Umumnya, Anda harus membayar seorang profesional pengkodean untuk membantu Anda mendesain situs web Anda dengan Magento atau mempelajari cara membuat kode sendiri.

Jadi jelas, Shopify lebih mudah digunakan daripada Magento.

Desain dan Tema

Magento dan Shopify hadir dengan akses ke berbagai tema untuk membantu memastikan Anda tidak perlu membangun seluruh situs dari awal.

Pilihan opsi tema Shopify sangat luas, dengan lebih dari 100+ desain gratis dan premium untuk Anda jelajahi. Dengan editor tema intuitif Shopify, Anda dapat menyesuaikan tema apa pun sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat menambahkan konten, logo, dan gambar produk Anda sendiri.

Atau, Anda dapat melewati tema dan membuat desain Anda dari bawah ke atas jika Anda mau. Shopify menawarkan pembuat drag-and-drop yang nyaman, membuatnya mudah untuk menambahkan elemen baru ke situs web Anda. Anda dapat menambahkan logo Anda sendiri, menyesuaikan warna agar sesuai dengan merek Anda, dan mengubah tampilan berbagai bagian situs Anda.

Magento menawarkan lebih sedikit tema dibandingkan dengan Shopify. Ada sekitar 16 tema untuk dijelajahi, dan semuanya tersedia dalam pilihan opsi gratis dan berbayar. Sekitar 10 tema responsif seluler, meskipun Anda dapat menambahkan respons ke tema lain menggunakan kode.

Pengembang dapat menambahkan tema khusus mereka sendiri dan memperbarui desain dari backend bisnis mereka, tetapi ini memerlukan beberapa pengkodean yang ekstensif. Anda dapat menambahkan penggeser produk ke halaman Anda, membuat animasi, dan menyertakan fungsionalitas buletin di situs web Anda.

Secara keseluruhan, Shopify memiliki rentang tema yang lebih besar daripada Magento. Dan tema Shopify juga lebih mudah untuk diubah karena tidak mengharuskan Anda untuk menerapkan kode.

Hosting

Hosting mungkin adalah poin utama yang memisahkan Shopify dan Magento. Shopify akan meng-host situs web Anda di servernya sendiri, sementara Magento mengandalkan hosting web pihak ketiga untuk memberi daya pada situs Anda.

Hosting e-commerce disertakan di semua paket Shopify, dan tidak ada biaya tambahan yang dibebankan kepada Anda. Meskipun Magento gratis untuk diinstal, Anda harus membayar hosting web untuk menyiapkan dan menjalankan semuanya.

Jika Anda mencari platform e-commerce lengkap, Shopify adalah pilihan yang lebih baik.

Fitur E-commerce

Shopify dan Magento adalah produk yang sempurna untuk meningkatkan penjualan online Anda dan menghasilkan peluang toko baru.

Shopify hadir dengan sejumlah alat e-commerce yang sudah ada di dalam paket langganan bulanan Anda, termasuk:

  • Pemulihan keranjang terbengkalai
  • Halaman checkout dengan Pembayaran Shopify
  • Akses ke beberapa opsi pembayaran
  • Penjualan multi-saluran di media sosial
  • Kemitraan dengan perusahaan pengiriman terkemuka
  • Alat upsell, cross-sell, dan pemasaran

Anda juga dapat memperluas fungsionalitas toko Anda sebanyak yang Anda suka dengan memasuki pasar Aplikasi Shopify. Di sini, ada ratusan alat yang dibuat untuk meningkatkan peluang Anda mendapatkan konversi penting. Lihat 16 aplikasi Shopify gratis terbaik ini untuk membantu mengembangkan bisnis Anda.

Magento juga memiliki berbagai fitur penjualan yang sangat baik yang tersedia, dimulai dengan sistem inventaris yang unik, di mana Anda dapat mengimpor informasi secara massal dari database, bereksperimen dengan beberapa varian produk, dan mengakses laporan pendapatan total. Fitur lainnya termasuk:

  • Opsi penjualan multi-saluran di media sosial dan eBay
  • Kustomisasi checkout dengan branding
  • Pemulihan keranjang terbengkalai
  • Diskon dan kupon
  • Akses ke ekstensi (premium) tambahan

Baik Shopify dan Magento menawarkan alat untuk membantu Anda menjual online, tetapi Shopify memiliki jangkauan yang lebih besar dan lebih mengesankan. Plus, Shopify memudahkan untuk terlibat dalam penjualan sosial, yang merepotkan untuk dilakukan di Magento.

Manajemen persediaan

Alat Manajemen Inventaris sangat penting untuk menjalankan toko yang terorganisir dengan baik. Baik Magento dan Shopify menghadirkan fitur untuk membantu hal ini, termasuk alat pelacakan produk, pengimporan inventaris, pemfilteran, dan kategori.

Antarmuka Shopify yang ramah pengguna bersinar di sini. Anda dapat menggunakan dasbor untuk memeriksa inventaris Anda tanpa repot. Anda dapat menyesuaikan berbagai bidang formulir untuk setiap produk, termasuk nama produk, gambar, dan kategori.

Bagaimana dengan Magento? Dengan fitur manajemen inventaris Magento, Anda dapat lebih terperinci tentang bagaimana Anda memberi label pada produk Anda, dengan ukuran, warna, dan jumlah. Selain itu, platform ini memungkinkan Anda mengintegrasikan ekstensi khusus untuk melacak hal-hal seperti penjualan offline.

Kemampuan Pemasaran

Magento dan Shopify keduanya hadir dengan berbagai fitur pemasaran yang kuat untuk meningkatkan peluang penjualan Anda.

Shopify memiliki alat email bawaan yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan produk Anda dan membagikan pembaruan juga. Ada juga berbagai integrasi luar biasa yang dapat Anda akses melalui Shopify untuk hal-hal seperti penjualan media sosial. Selain itu, Shopify memungkinkan perusahaan untuk menjual dalam berbagai bahasa, sehingga Anda dapat menyesuaikan strategi pemasaran Anda agar sesuai dengan pelanggan yang ingin Anda jangkau.

Magento sedikit kurang maju dari perspektif pemasaran. Anda harus menggunakan aplikasi dan ekstensi untuk menjalankan kampanye email atau membuat strategi penjualan sosial. Sekali lagi, Anda memerlukan pengembang web untuk membuat lebih banyak koneksi pemasaran yang dipesan lebih dahulu.

Di sisi positifnya, baik Magento dan Shopify memiliki akses ke berbagai alat SEO. Anda dapat mengedit judul dan deskripsi halaman di kedua platform untuk meningkatkan peluang Anda mendapatkan peringkat lebih tinggi di mesin pencari.

Pemroses Pembayaran

Pemrosesan pembayaran adalah salah satu fitur terpenting yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih platform e-commerce untuk bisnis Anda. Baik Shopify dan Magento memungkinkan perusahaan untuk mengambil kartu kredit dan pembayaran online dari pelanggan menggunakan berbagai pemroses pembayaran.

Pemroses pembayaran Shopify sendiri, “Pembayaran Shopify,” akan memastikan Anda tidak perlu membayar biaya transaksi apa pun saat pelanggan membeli dari Anda. Namun, jika Anda lebih suka menggunakan pemroses pembayaran yang sudah nyaman bagi pelanggan Anda, Anda masih dapat mengakses hal-hal seperti PayPal dan Amazon Pay. Produk-produk ini memiliki biaya transaksi yang perlu dipertimbangkan.

Magento juga menawarkan akses ke berbagai opsi pembayaran, meskipun memerlukan lebih banyak pekerjaan untuk disiapkan. Anda mungkin memerlukan web developer untuk menyiapkan sistem pemrosesan pembayaran jika Anda tidak terbiasa dengan PHP. Tetapi Magento tidak memiliki pemroses pembayaran terintegrasi, yang berarti Anda harus membayar biaya transaksi terlepas dari gateway pihak ketiga mana yang Anda gunakan untuk toko Anda.

Sementara Magento menawarkan beberapa cara lagi untuk menerima pembayaran internasional, Shopify adalah pilihan terbaik untuk menyiapkan pemrosesan pembayaran dengan cepat. Plus, prosesor terintegrasi Shopify akan membantu Anda menghindari biaya transaksi yang seharusnya Anda bayar dengan Magento.

Aplikasi dan Add-on

Aplikasi dan add-on adalah bagian umum dalam membangun toko yang sukses akhir-akhir ini. App Store Shopify memiliki lebih dari 6000 aplikasi gratis dan berbayar untuk ditawarkan, termasuk integrasi dengan beberapa alat paling populer di dunia, seperti Oberlo. Ada juga aplikasi untuk pemasaran, layanan pelanggan, merchandising, dan banyak aspek e-commerce lainnya. Shopify menawarkan instalasi sekali klik untuk sebagian besar aplikasi.

Magento memiliki sekitar 4000 ekstensi untuk ditawarkan di pasarnya, dengan banyak pilihan untuk hal-hal seperti pemrosesan pembayaran, SEO, dan banyak lagi. Anda akan memerlukan beberapa pengetahuan pengkodean dasar untuk menginstal aplikasi ini, dan perlu dicatat bahwa sebagian besar dari mereka akan dikenakan biaya tambahan.

Jika Anda berencana untuk memperluas fungsionalitas toko Anda, aplikasi Shopify lebih baik dan lebih mudah digunakan daripada aplikasi Magento.

Skalabilitas

Platform e-commerce Anda harus dapat tumbuh bersama bisnis Anda. Itulah mengapa sangat penting untuk mencari solusi yang dapat mengakomodasi tidak hanya apa yang dilakukan bisnis Anda sekarang, tetapi juga apa yang mungkin dilakukan di masa depan.

Dengan Shopify, meningkatkan atau menurunkan skala toko Anda semudah mengganti paket langganan Anda. Paket berkisar dari Shopify Lite (Untuk tombol beli di situs yang ada) hingga Shopify Advanced untuk pedagang yang lebih besar. Ada juga opsi tingkat perusahaan dalam bentuk Shopify Plus, di mana Anda dapat mengakses dukungan prioritas dan integrasi plug-and-play yang berbeda.

Magento membutuhkan sedikit lebih banyak wawasan teknis untuk menskalakan – tetapi layanan ini masih dapat berkembang bersama bisnis Anda. Setelah Anda mempelajari cara menggunakan platform terbuka Magento, ia dapat menskalakan sejauh yang Anda suka, mengelola semua jenis lonjakan lalu lintas dan permintaan penjualan. Situs web Magento standar dapat menampung hingga 250.000 produk.

Menjual di Shopify vs Magento

Apa yang akan kamu jual?

Dengan Shopify, Anda akan memiliki kesempatan untuk menjual barang fisik dan digital secara berdampingan. Anda bahkan dapat mengatur janji temu dan halaman pemesanan untuk menjual waktu dan konsultasi profesional Anda. Untuk menjual layanan atau unduhan, Anda cukup menghapus centang pada kotak pengiriman saat mengunggah halaman produk baru.

Jika Anda menjual produk digital seperti eBook, Anda memerlukan add-on dari pasar Shopify untuk memungkinkan Anda memberikan tautan yang dapat diunduh kepada pengguna Anda. Anda juga dapat mengakses add-on berbayar yang cocok untuk membuat langganan pelanggan.

Fungsionalitas sumber terbuka Magento adalah bonus lagi di sini karena memastikan Anda dapat menjual apa pun yang Anda suka. Selama Anda memiliki keterampilan pengembang yang diperlukan untuk membuat toko Anda, Anda dapat menjual semuanya mulai dari layanan hingga barang digital dan produk fisik. Plus, Anda juga dapat menarik pelanggan B2C dan B2B ke toko Anda.

Shopify adalah pilihan tepat untuk bisnis kecil, karena memungkinkan Anda untuk mulai menjual berbagai macam barang dengan cepat. Anda dapat menjual perhiasan, pakaian, item perawatan kulit, dan bahkan produk makanan melalui Shopify.

Kesimpulan

Seperti yang Anda lihat, Shopify dan Magento keduanya memiliki fitur untuk membantu Anda membangun toko online.

Shopify adalah pilihan yang lebih baik jika Anda ingin mengambil pendekatan DIY untuk membangun toko online. Plus, tema Shopify memudahkan untuk membuat merek online pribadi. Terlebih lagi, Shopify menawarkan segalanya mulai dari hosting hingga penyimpanan online dan dari alat penjualan hingga fitur pemasaran dalam satu paket.

Magento membutuhkan keterampilan PHP untuk berkeliling, dan sebagian besar pemilik usaha kecil tidak punya waktu untuk mempelajarinya. Shopify, dengan pembuat situs seret dan lepas tanpa kode, mengurangi tekanan dalam membangun etalase khusus. Jika Anda baru memulai e-niaga, sebaiknya gunakan Shopify.

   

Rekomendasi Hosting WordPress

NiagahosterBeli Hosting
ExabytesBeli Hosting
Halo perkenalkan saya Fatah, saya sangat senang dengan dunia Digital Marketing saya harap blog saya dapat membantu anda untuk upgrade diri.

Leave a Comment

error: Content is protected !!