Mengenal Apa Itu Net Promoter Score (NPS)

Halo sahabat audia.my.id – Net Promoter Score atau NPS merupakan sebuah metric untuk memastikan seberapa puas costumer anda terhadap produk anda. Cara kerja dari NPS sangat sederhana dimana costumer akan merespon pertanyaan yang sangat sederhana yang anda lemparkan kemereka untuk merekomendasikan brand anda.

Net Promoter Score atau NPS memiliki indicator yang sangat kuat untuk jangka panjang sebuah bisnis atau brand, agar anda bisa bertumbuh dengan menggunakan presepsi dari costumer. Net Promoter Score terbukti memberikan anda pandangan objektif tentang seberapa baik kinerja strategi pengalaman pelanggan anda.

NPS anda harus bisa menjadi factor pendorong saat membuat rencana pemasaran anda, yuk mari kita simak di artikel ini seberapa besar sih peran NPS serta bagaimana cara mengetahui bagus atau buruknya sebuah Net Promoter Score (NPS).

Bagaimana cara menghitung Net Promoter score (NPS) ?

Pasti anda pernah berfikir bagaimana sih cara untuk menghitung bagus atau tidaknya sebuah NPS pada bisnis anda, pada bagian ini kami akan memecah NPS menjadi 0-10 sehingga anda bisa lebih mudah memahami.

Indikator 0-6

Tahukah anda bahwa indicator 0-6 merupakan salah satu ciri-ciri costumer yang tidak puas dengan bisnis anda ?. umumnya ketika costumer memberikan feedback 0-6 mereka akan memberikan komentar buruk pada bisnis anda bahkan ada yang sampai membuat berita negative.

Indicator ini sebaiknya anda harus bisa minimalisir karena akan merusak reputasi brand anda sehingga akan membebani pelanggan baru anda serta mengurangi pendapatan anda

Indicator 7-8

Setelah membahas indicator 0-6 selanjutnya kita akan membahas 7-8 atau bisa dibilang pelanggan yang puas terhadap produk anda. Ketika anda mencapai indicator ini maka secara tidak langsung costumer akan memberikan ulasan postif terhadap bisnis anda dan tidak lupa pula untuk mempromosikan bisnis anda sehingga anda tidak perlu mengeluarkan budget lagi.

Indicator 9-10

Setelah membahas indicator 7-8 kini kita akan beralih ke pelanggan setia anda. Pada fase ini mereka akan memeberikan 5 bintang untuk bisnis anda menurut riset 80% dari mereka akan mempromosikan brand anda keteman mereka secara tidak langsung. Costumer dengan indicator seperti ini akan melakukan banyak reapeat order jadi anda harus mempertahankan costumer tersebut.

Faktor apa yang mempengaruhi Net Promoter Score anda ?

Berdasarkan dari pengalaman kami ada banyak factor yang sangat mempengaruhi NPS anda, mulai dari jenis industry, lokasi bisnis anda dll. Kami akan mencoba membahas 3 faktor yang perlu di pertimbangkan saat menganalisis Net Promoter Score anda.

Industry

NPS anda sangat dipengaruhi oleh tempat anda, contoh e-commers yang memiliki (58) lebih tinggi ketimbang maskapai penerbangan (35). Jadi sebelum anda menentukannya sebaiknya anda menganalisis factor yang mempengaruhi NPS anda

Berita Buruk

Tahukah anda bawa kebanyak orang lebih cendrung mengeluh ketimbang memuji ? pelanggan yang tidak puas biasanya tidak sabar untuk mengungkapkan kekecewaan mereka , sedangkan untuk pelanggan yang senang mungkin tidak akan mengatakan apa-apa perihal ini. Itulah kenapa hasil yang anda telah hitung bersih biasanya tidak selalu menunjukkan tingkat kepuasan pelanggan anda.

Faktor dari Eksternal

Yang terakhir ini merupakan factor yang sedang terjadi sekarang, tahukah anda bahwa pada saat pandemic termasuk factor dari Eksternal ? contoh kasus ketika anda membeli tiket pesewat kemudian maskapai anda menghadapi masalah sehingga semua tiket itu batal. Tahukah apa yang terjadi ? costumer anda akan menyuarakan pendapat ketidak puasan terhadap bisnis anda.

Kenapa Net Promoter Score sangat penting ?

Kita telah mengetahui bersama bahwa NPS sangat berpengaruh dari bisnis dengan NPS anda bisa mengetahui sejauh mana kepuasan pelanggan anda terhadap produk tersebut. Nah sekarang kami akan memberikan beberapa alasan kenapa anda harus mempertahankan NPS anda.

  1. Buatlah pendekatan ke costumer anda
    Setelah anda mengetahui NPS anda buatlah model bisnis yang berpusat kepada costumer. Ketika produk anda sudah bagus costumer akan selalu menuntut hal-hal yang baru untuk bisnis anda. Itulah mengapa kami menyarankan anda untuk melakukan pendekatan.
  2. Buat mereka Puas
    dengan membuat pelanggan puas anda bisa mendorong bisnis anda untuk bertumbuh lebih cepat sehingga costumer anda akan selalu melakukan repeat order serta mendapatkan peningkatan transaksi/penjualan. Tahukan anda ketika mereka sudah sangat yakin dengan produk anda mereka tidak segan-segan untuk mempertaruhkan reputasi mereka loh.
  3. Buatlah NPS yang mudah dimengerti
    berdasarkan beberapa survey masyarakat Indonesia lebih suka dengan bahasa singkat, padat dan jelas. Mereka tidak suka membaca text yang bertele-tele dan panjang. Perlu diingat disini anda membutuhkan umpan balik atau feedback dari mereka dalam waktu cepat.

Kesimpulan Net Promoter Score atau NPS yang telah anda dapatkan baik atau buruknya bukanlah suatu kegagalan dalam bisnis melaikan bangkit untuk memperbaiki apa yang kurang dalam bisnis anda, NPS juga salah satu sarana untuk mendorong anda agar lebih empati dengan pelanggan anda. Jika anda pertanyaan langsung di kolom komentar yah

   

Rekomendasi Hosting WordPress

NiagahosterBeli Hosting
ExabytesBeli Hosting
Halo perkenalkan saya Fatah, saya sangat senang dengan dunia Digital Marketing saya harap blog saya dapat membantu anda untuk upgrade diri.

Leave a Comment

error: Content is protected !!